Ads 468x60px

Followers

5 POSISI DALAM BERMAIN BASKET

Posted by Texmura On 18.57


Sangatlah penting baik sebagai pemain basket ataupun penggemar bola basket untuk memahami masing-masing posisi pemain di lapangan saat bermain ataupun bertanding bola basket.
Ini 5 Posisi Dalam Permainan Bola Basket:







1. Point Guard

Point guard biasanya pemain terkecil dalam tim, tetapi juga tercepat. Tugas utama mereka dalam sebuah tim adalah untuk mendistribusikan bola ke rekan satu tim mereka, mengontorol tempo permainan dan juga mengunci point guard pemain lawan. Point guard merupakan posisi yang sangat penting dalam sebuah tim basket karena dia akan menguasai sebagian besar bola selama jalannya permainan.
Point guard adalah seorang yang mampu berkomunikasi, memimpin serta melihat situasi permainan. Beberapa point guard biasanya menjadi pemberi angka pertama bagi tim mereka dan tidak jarang juga menjadi orang yang paling sering melakukan tembakan untuk tim mereka. Seperti Allen inverson, Chris Paul, Rajon Rondo dan Russell Westbrook adalah seorang Point guard.

2. Shooting Guard

Shooting Guard adalah Guard kedua yang pekerjaan utamanya adalah mencetak skor. Shooting guard haruslah memiliki kemampuan untuk menembak bola. Para pemain yang menjadi shooting guard biasanya memiliki tubuh yang kuat dan atletis. Seorang shooting guard sering dianggap sebagai orang penting yang memenangkan pertandingan. Michael jordan, Kobe Bryant, Dwyane Wade adalah seorang terbaik NBA pemain yang berposisi shooting guard.

3. Small Forward

Small Foward adalah salah satu pemain yang paling serbaguna dalam sebuah tim. Mereka harus sedikit mampu untuk melalukakan segala sesuatu yang penting dalam bola basket. Orang yang bertugas sebagai small Foward haruslah memiliki kemampuan yang baik untuk mengiring bola dan pintar menembak bola dari luar garis tiga angka. Small foward juga harus mampu membantu posisi point guard jika berada dalam tekanan lawan. Ketika tim pada posisi bertahan, Small Foward haruslah menjaga lawan mereka terutama yang bermain diposisi 2 atau 3. Para pemain NBA yang berada di posisi ini adalah Carmelo Anthony, and Kevin Durant dan LeBron James.

4. Power Foward

Power Foward harus mampu mencetak mecetak bola rebound yang merupakan bola pantul atau setidaknya membuat lawan melakukan sebuah pelanggaran. Orang yang bertugas sebagai Power Foward biasanya orang yang berbadan tinggi dan fisik yang kuat baik dalam berlari ataupun melompat. selain menangkap bola pantul dari ring lawan, Power Foward juga harus mampu mangamankan bola pantul yang berada di ring tim tersebut. Ketika berasa di posisi bertahan, power foward akan membantu center untuk melepas diri dari pemain lawan yang menjaganya supaya center bisa bergerak dan mencetak angka. Beberapa pemain terbaik yang betugas sebagai Power Foward di NBA adalah Chris Bosh, Dirk Nowitzki, and Kevin Garnet t.

5. Center

Center adalah jangkar pertahanan dari sebuah tim. Tugas utamanya dalam mengamankan bola rebound, memblok tembakan lawan. Biasanya center adalah pemain yang paling memiliki tubuh terbesar dan tertinggi dalam sebuah tim. Namun di zaman modern saat ini sering kali center harus memiliki kemampuan untuk menggiring bola dan menembak dari 3 arah. Karena kemampuan mereka untuk bertahan, center dipandang sebagai bagian penting dalam memenangkan kejuaraan. Dwight Howard, Adrea Bargnana dan Andrew Bynum adalah pemain yang berposisi di center yang bermain di NBA.



Sumber:

 

Recent Posts

Text Widget